Selasa, 23 Oktober 2018

Sebuah Kisah Mistis Yang Berada Di Goa Siluman Bantul

Sebuah Kisah Mistis Yang Berada Di Goa Siluman Bantul


IDOLACASH - Berada di Goa siluman merupakan bangunan sejarah yang bernilai tinggi di Bantul. Konon, goa siluman merupakan tempat peristirahatan Sultan Hamengkubuwono II. Goa Siluman terletak di kawasan Wonocatur, Banguntapan, Bantul.

Sekilas saat melihat bangunan tersebut, tidak ada yang menyangka bahwa bangunan itu adalah bangunan yang menyimpan sejarah yang bernilai tinggi.

Goa siluman sudah tidak utuh lagi saat ini. Retakan dan bekas patahan muncul di beberapa sisi tembok. Pemandian yang ada di goa Siluman telah berubah menjadi kolam ikan. Air limbah rumah tangga mengalir ke arah goa dan memperburuk kondisi Goa.


Sejak puluhan tahun lalu, warga sekitar menyebut tempat peristirahatan Sultan Hamengkubuwono II ini sebagai Goa Siluman. Bentuk bangunan berupa terowongan dan lorong membuat warga sekitar menyebut tempat ini Goa. Nama Goa Siluman disematkan pada Goa ini karena dulu banyak penduduk sekitar Goa yang melihat penampakan makhluk halus dalam Goa ini.

Ada juga yang menyebutkan bahwa istilah siluman muncul karena dulunya goa ini merupakan gudang pembuatan senjata rahasia disana. Goa siluman Bantul menyimpan cerita misteri nyata di dalamnya. Artikel ini akan mengulas cerita misteri nyata yang ada di Goa Siluman Bantul.

Tukang Becak yang Mengantar Perempuan Misterius

Cerita misteri nyata di Goa Siluman berawal dari cerita tukang Becak pada tahun 1980. Dulunya, ada tukang becak yang dicegat seorang perempuan di tepi jalan Bantul. Perempuan dengan rambut panjang meminta tukang becak itu untuk mengantarnya ke suatu tempat. Sesampainya di lokasi, tukang becak melihat sebuah bangunan besar.

Perempuan itu meminta tukang becak untuk menunggunya sampai ia keluar dari bangunan. Tukang becak melihat perempuan itu masuk ke bangunan besar. Karena perempuan itu tak kunjung keluar dari bangunan tadi, tukang becak itu akhirnya ketiduran.

Ternyata, sampai keesokan paginya perempuan itu tak kunjung muncul dan menghilang begitu saja. Lebih aneh lagi, bangunan besar yang dilihat tukang becak itu juga menghilang, yang ada hanya terowongan dan lorong yang menyerupai Goa.

Pedagang didatangi Pembeli Misterius

Cerita misteri nyata yang terjadi di Goa Siluman Bantul dialami oleh seorang pedagang yang melewati Goa Siluman. Pedagang itu sedang dalam perjalanan ke pasar dan melewati Goa Siluman. Tiba-tiba ada seseorang yang memanggil pedagang itu dan berkeinginan untuk membeli barang dagangannya. Pedagang yang mendengar suara orang memanggilnya, kemudian menoleh mencari sumber suara. Namun, tidak ada orang disana.

Pedagang itu kemudian berbalik arah dan berusaha mencari sumber suara yang memanggilnya. Namun, pedagang itu tetap tidak menemukan orang yang memanggilnya barusan. Kepercayaan yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa bila ada pedagang yang melewati goa Siluman dan dipanggil oleh pembeli, kemudian pedagang itu berhasil menemukan pembeli yang memanggil tadi, maka dagangan yang dijualnya pasti akan laris.

Banyak orang yang meyakini bahwa Goa Siluman adalah tempat keramat dan angker, sekalipun cerita misteri nyata yang beredar di kalangan masyarakat sekitar sudah mulai memudar. Sampai saat ini sudah tidak pernah terdengar lagi cerita mistis yang dialami oleh penduduk sekitar.

Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang berdatangan ke Goa Siluman untuk menuntut ilmu “khusus”, berdoa, tidur dan bertapa beberapa hari di Goa untuk melakukan tirakat. Adanya cerita mistis yang muncul di Goa Siluman Bantul adalah suatu peringatan untuk kita agar tidak pernah lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, agar tidak didatangi oleh makhluk-makhluk gaib.



0 Comments:

Posting Komentar